• d4f,panduan,member area
  • d4f,panduan,member area
  • d4f,panduan,member area
  • d4f,panduan,member area

Ayat Kursi Gudang Kekayaan Allah SWT (bag-1)

AYAT KURSI GUDANG KEKAYAAN ALLAH SWT.
Dari Ibnu Abbas berkata : Adalah rasulullah saw apabila membaca akhir Surat Al-Baqoroh dan ayat kursi selalu tertawa dan beliau bersabda ” Sesungguhnya kedua ayat tersebut merupakan gudang kekayaan Allah Yang Maha Pengasih yang ada di bawah Arsy “.
Diriwayatkan dari Imam Abu hamid Bin Muhammad Al-Gozhali berkata ” Ayat kursi merupakan ayat yang diberkahi, tidak ada yang membukakan kesulitan, menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan lebih cepat daripada ayat kursi “.
Saudaraku sungguh asma-Nya sumber dari seluruh kebaikan. Sifat-Nya adalah samudera akhlak kehidupan seluruh makhluk-Nya. Ada satu ayat dalam Al-Qur’an yang tidak terlalu panjang namun mencakup seluruh asma dan sifat-Nya, dialah Ayat Kursi.
- Saudara jangan bertanya
” berapa luas ayat kursi ” karena luasnya tak bisa dilihat dengan ukuran panjang.
- Saudara jangan bertanya
” apa isinya ” karena isinya tak tertampung oleh langit dan bumi.
- Saudara jangan bertanya
“apa saja khasiatnya” karena khasiatnya luar biasa di sebabkan Rasulullah saw membacanya seumur hidup untuk berbagai masalah.
- Saudara jangan bertanya
“apa saja mukjizatnya” karena para nabi dan rasul, shiddiqin, wali dan juga abdush sholihin telah membuktikan beraneka ragam mukjizat dan keajaibannya.

1. AYAT KURSI ( AYAT KEKUASAAN ).
Dinamakan Ayat Kursi karena di dalamnya ada kata “KURSI” .
Di sebut dalam hadits bahwa
” Allah menciptakan Kursi yang dikelilingi oleh 7 langit dan 7 bumi. Kursi bagai sebuah lingkaran yang ada ditengah-tengahnya padang luas. Dikirinya ada 10.000 Kursi dan dikanannya juga ada 10.000. Diatas setiap Kursi ada malaikat yang duduk membaca Ayat Kursi & mencatat pahala orang-orang yang membaca Ayat Kursi. Allah juga memerintahkan pena untuk mencatat Ayat Kursi dan pahalanya. Barangsiapa yang melanggengkan membaca Ayat Kursi, Allah berikan pahala sebesar Ayat Kursi pada hari kiamat “.

2. AYAT AZHIMAH { AYAT PALING AGUNG }
Disebutkan dalam hadits dari Ubay bin Kaab berkata, Rasulullah saw bersabda ” Hai Abu Mundzir ayat azhimah (agung) apa yang sudah kamu hafal ? Dia menjawab ” Allah dan Rasul-Nya yang paling mengetahui. Rasulullah saw bersabda ” Ketahuilah bahwa Ayat Azhimah adalah Allahu Laa Ilaaha Illa Huwal Hayyul Qoyyum. Dalam sebuah riwayat Rasulullah mengulanginya sebanyak 3 kali lalu menepuk dada Abu Mundzir.
Ar-Rabi’ bin Abdullah Al-Kalai berkata ” Seseorang bertanya pada Rasulullah saw, Wahai Rasulullah ayat mana yang paling agung dalam Al-Quran ? Rasulullah saw menjawab
Ars, tidak ada ” Dialah ayat kursi. Orang itu bertanya lagi ” Ayat apa yang paling menyenangkan bagi Rasul dan umatnya ? Rasul menjawab ” Akhir surat Al-Baqarah dan ayat kursi karena keduanya adalah gudang rahmat yang ada dibawah kebaikan di dunia dan akhirat kecuali terkandung di dalamnya “.
Nabi saw bersabda :
” Sesungguhnya ayat yang paling agung dalam Al-Quran adalah Ayat Kursi. Barangsiapa yg membacanya Allah mengutus malaikat untuk menulis kebaikannya dan menghapus keburukannya sampai besok terhitung dari saat dia membaca “.
Syaikh Ali Al-Buni berkata :
” Orang yang membaca Ayat Kursi akan di taati oleh makhluk yang ada disekitarnya . Tidak satupun dari makhluk Allah yang membahayakan dirinya, baik berupa perkataan maupun perbuatan sepanjang tahun. Seorang pemimpin yang melanggengkan membaca Ayat Kursi dia akan ditaati pengikutnya “.

3. AYAT SAYYIDAH { AYAT PENGHULU AL-QURAN }
Dari Abu Hurairah berkata Rasulullah saw bersabda
” Segala sesuatu pasti ada yang lebih unggul dan lebih tinggi. Sesungguhnya yang lebih unggul dan lebih tinggi dari Al-Quran adalah Surat Al-Baqarah. Dan di dalam Surat Al-Baqarah ada ayat yaitu Penghulu Ayat-Ayat Al-Quran, dialah Ayat Kursi “.
Rasulullah saw bersabda pada Sahabat Ali bin Abi Tholib
” Hai Ali penghulu manusia adalah Adam, penghulu orang arab adalah Muhammad, penghulu orang persia adalah Salman, penghulu orang Rum adalah (Yordan, Palestina, Siria dan Afghan) adalah Suhaib, penghulu orang Habvbasyah adalah Bilal, penghulu gunung adalah Thursina, penghulu pohon adalah Bidara, penghulu bulan adalah Muharram, penghulu hari adalah Jum’at, penghulu ucapan adalah Al-Quran, penghulu Al-Quran adalah Ayat Kursi. Didalam Ayat Kursi ada 50 kata dan setiap kata ada 50 keberkahan “. { H.R. Ad-Dailami }
Dalam hal ini Ad-Sailami mengatakan ‘ Barangsiapa yang melanggengkan membaca Ayat Kursi maka orang itu akan memperoleh kemuliaan, jadilah ia sebagai penghulu diantara umat manusia. Maka bacalah dengan langgeng sesuai dengan bilangan kalimat atau hurufnya setiap hari, Insya Allah akan mendapatkan kemuliaan dalam diri “.

4. AYAT FADHILAH { AYAT PALING UTAMA }
Fadhilah artinya keutamaan. Keutamaan adalah anugerah yang paling indah. Orang yang diberi keutamaan derajatnya lebih tinggi. Orang yang memiliki keutamaan posisinya jauh lebih baik dan terhotmat dari yang lain.
Ayat Kursi disebut Ayat Fadhilah karena memiliki keutamaan yang lebih dari ayat-ayat lainnya. Keutamaannya tidak hanya pada redaksinya yang mengagumkan dan kandungan yang menjadi asas kebijaksanaan Allah tetapi juga bagi orang yg membacanya. Para Ulama menyatakan kedudukannya sama dengan 1/3 Al-Quran.
Dari Rabiah bin Harits berkata Rasulullah saw ditanya ” Wahai Rasul surat Al-Quran mana yang paling utama ? Rasulullah saw menjawab ” Surat yang di dalamnya disebut Al-Baqarah. Beliau ditanya lagi ” Ayat mana dari Surat Al-Baqarah yang paling utama ? Rasulullah saw menjawab ” Ayat Kursi dan akhir surat Al-Baqarah yang turun langsung dari bawah Arsy “.
Dikisahkan dari Al-Hasan bahwa seseorang mempunyai saudara yang sudah meninggal dunia. Pada suatu malam dia bertemu dalam mimpi dan terjadilah dialog.
” Saudaraku amal-amal apa yang paling mulia dan kamu rasakan nikmatnya ? ” Tanya yang masih hidup.
” Al-Quran”, jawab yang sudah wafat.
” Ayat Al-Quran mana yang paling utama ? “
” Ayat Kursi “
” Saudaraku adakah sesuatu yang kamu sampaikan kepada kami yang masih hidup ? “
Dia berkata ” Benar sesungguhnya kamu semua masih dapat melakukannya tetapi kamu tidak tahu. Sedangkan aku sudah tahu tetapi tidak dapat melakukannya “.

5. AYAT SYARIFAH { AYAT PALING MULIA }
Syarifah artinya mulia dan berkedudukan tinggi. Kemuliaan Ayat Kursi ini dibuktikan oleh Allah dengan dikeluarkannya dari Arsy dan turunya disertai pengawalan 70.000 malaikat. Tidak seorangpun yang membaca Ayat Kursi kecuali malaikat datang mendengarkan dan berdiri menghormat padanya.
Abu Dzar Al-Ghifari bertanya kepada Rasulullah saw ” Wahai Rasullullah ayat Al-Quran mana yang paling mulia ? Rasulullah menjawab ” Ayat Kursi, langit dan bumi jika dibandingkan dengan Kursi bagaikan mangkok yang diletakkan di padang tanah yang luas, dimana mangkoknya adalah langit dan bumi sedangkan padang tanahnya adalah Ayat Kursi. Seandainya langit dan bumi dan seluruh yang ada di dalamnya dikumpulkan dan diletakkan dalam satu sisi neraca dan di sisi lain adalah Ayat Kursi tentu masih berat timbangan Ayat Kursi “.
Syaikh Muhammad bin Asmuni dalam Tafsir Ayat Kursi mengatakan ” Zikir, mukjizatnya akan hadir sesuai dengan inti dan makna kata yang dizikirkan. Ilmu, mukjizatnya akan hadir setelah diamalkan. Bila zikir yang dibaca adalah zikir mulia dan ilmu yang diamalkan adalah ilmu mulia yaitu Ayat Kursi maka Allah akan memberikan penghasilan yang berlimpah.
Barangsiapa mengistiqomahkan Ayat Kursi maka dia akan dimuliakan, dihormati, dan disegani oleh orang-orang yang disekitarnya. Di sisi Allah tidak diragukan lagi mendapat tempat yang sangat terhormat “.

1 komentar:

try out gratis un atau ujian nasional said...

Terimakasih untuk artikel mengenai Ayat Kursi ini. Allahu Akbar.
Salam,
try out gratis un atau ujian nasional

 
JUAL BELI BITCOIN
DENGAN MODAL 10 RIBU RUPIAH ANDA SUDAH BISA MULAI TRADING
DAPATKAN TAMBAHAN PENGHASILAN HINGGA JUTAAN RUPIAH PER-MINGGU DARI JUAL BELI BITCOIN
BAGAIMANA CARA MEMULAINYA. SELENGKAPNYA ..